Jumat, 23 Agustus 2013

Putih Abal-abal


Dengan tekad membahana mulai kali ini gue nggak akan ngumpulin cerita lagi, berjangar-jangar ria di warnet buat nginget hal apa aja yang pernah gue alamin buat gue posting. Cerita 4L4Y yang gue tulis panjangnya udah kaya KAI (Kereta Api Indonesia) bikin jari encok merencok. Belum lagi gue dapet complain dari temen SD gue Nur Esti katanya matanya pegel baca entri gue kemaren gue khawatir kalo lama-lama matanya terinfeksi asam urat dini. Tuh ada yang baca Pur! Ciee selamat yaaa! Elah, itu gue suruh secara paksa dan tidak manusiawi. Gue ajak doi ke kedai Mie Ayam terenak, terbanyak dan yang pasti termurah. Gue bayarin dia makan dengan syarat baca entri terbaru gue di blog, terus gue tes dia secara lisan tentang apa yang gue post kalo ngga bisa berarti dia nggak baca dan mie ayam yang gue kasih harus
dimuntahkan dalam keadaan utuh. Hahahaha ngga deng becanda, gue ngga sesadis itu kalee. Kkk~

Kalau diliat-liat dan kalau boleh dikomentari judul entri gue kali ini kok mirip drama Indonesia yaa? Hahaha tapi ngga deh suer gue ngga ada maksud nyontek atau terinspirasi dari situ nonton acaranya aja gue ngga pernah. Oke sip, gue sih kayanya pernah bilang ya di entri yang lawas doeloe kalau lain kali gue bakal ceritain dikit tentang masa kelam ikut organisasi sewaktu gue berseragam putih abu-abu. Postingan yang ini kayanya. Males gue bacanya, biarpun tulisan sendiri tapi enek aja, gimana kalau orang lain yang baca ya? Gue paksa pula. Kejam banget nggak sih gue?

Menurut gue pribadi, ikut eskul adalah hal termalas kedua setelah ngerjain tugas, tapi jadi hal termalas pertama kalau udah jam waktunya pulang. Iyalah, orang lain mah langsung pulang kalau yang punya eskul kan engga, nagen dulu di sekolah baris di lapang panas-panasan. Nehi mohabate pyarkoyahe
GUE DULU GITU. Ngga tau gue kerasukan artis siapa (enak banget dirasukin artis, artisnya lebih milih mati kali daripada nyasar ke badan gue) waktu kelas satu, waktu ada panitia OSIS datang ke kelas-kelas ngerekrut anggota baru gue dengan songongnya ngangkat tangan, ngajuin diri supaya nama gue ditulis sama kakak yang promosi buat jadi salah satu diantara mereka. Gue sadar waktu pulang sekolah, gue khilaf.

Awal perkumpulan yang musti gue hadiri, tepat satu hari menjelang bulan Ramadhan 1430 H. Its time to Munggahan FZCC, acara kelas pertama kami, acara pertama bareng temen setelah kami resmi berseragam putih abu. Gue melewatkan hal ini, gue harus kumpul OSIS. Ngga rela juga meninggalkan moment makan-makan gratis dirumah seorang kawan yang baru kami kenal. Ngga deng soal makan gratis itu bonus, point utamanya ya silaturahmi aja sih gue mah (walaupun terkesan modus).

Gue heran sama panitia seleksi OSIS angkatan gue, gue yang jarang kumpul, ngga pernah aktif, jarang ngomong, bego kok dipilih jadi bendahara sih. Wajar itu jadi hal yang sangat membanggakan dan diidamkan setiap anggota. Baru masuk, kelas X, bahkan gue baru pertama kali selama sekolah ikut organisasi yang konon “terhormat” ini, tanpa pengalaman, tanpa kakak kelas yang gue kenal dan tanpa kemampuan gue terpilih jadi jadi salah satu BPH OSIS SMA N 1 Banjar 2009-2010 dengan jabatan Bendahara II. Sedikit bangga sih, kenapa cuma sedikit? Karena gue takut, minder pasti ada lah. Banyak kali calon-calon lain yang lebih bisa bikin OSIS SMA maju, mereka yang lebih berprestasi, lebih berani bicara di khalayak banyak, lebih kaya ide untuk bisa memperbaiki kualitas organisasi kami. Kenapa musti gue? Sungguh misteri yang belum dapat terpecahkan. Versi On Tel Spot

Masa putih abu, hal yang gue lakuin pun begitu. Layaknya abu-abu warna samar yang tak tentu. Entah itu hitam atau putih, campur aduk ngga jelas. Serupa yang gue jalanin 4tahun lalu. ABAL-ABAL satu kata yang pas mendeskripsikan gue dan semua tingkah laku gue. Kegiatan di SMP semua udah selesai tinggal nunggu lulusan, tes ke SMA juga udah karena sekolah lanjutan yang gue tuju notabene sekolah menengah atas terbaik di kampung gue membuka seleksi masuk jauh lebih awal dibanding sekolah sederajat yang lain. Menunggu emang sangat ngga enak, sempet gue nyamperin salah satu stasiun radio terdekat dari rumah karena denger-denger bakal buka audisi Jockey Junior 2009. Gue ikut aja, namanya juga sambil nunggu. Isi formulir, technical meeting, wawancara yang malah kata gue lebih mirip curhat bareng mamah Dedeh, tes vokal, keterima deh. Ngga nyangka, karena gue awalnya ngga niat. Ditambah lagi saingan gue yang sama juga ngelamar udah berpendidikan lanjut, lulusan SLTA sederajat sedangkan yang masih berstatus calon lulusan SMP cuma gue dan satu lagi gue lupa karena dia ngga lanjut ke tahap siaran. Gue udah dapet kewenangan buat bawain acara, gue udah punya jadwal sendiri malah cuma duit yang belum gue dapet karena gue keburu menjelma jadi sosok gue yang asli, ya bener abal-abal. Sejatinya gue ngga pernah bener berkecimpung dalam hal apapun. Gue tinggalin radio dengan alesan OSIS, sedangkan ke OSIS gue bilangnya mau ke radio dirumah gue bilang ke nyokap kalau gue mau ngerjain tugas. Padahal di kamar udah ada Moreno kucing gue kita bersepakat untuk menghabiskan waktu ngiler bersama. Molor disiang bolong.

Di reject PTN kemaren bikin gue muter otak dan mau ngga mau harus berpikir lebih keras tentang apa yang bakal gue lakuin. Nyokap sih masih kekeuh pengin gue balik kerja lagi di Yogya tapi plis Mom. Tinggi badan ini tak sampai.
Nyesel pasti deh, pake banget sekali. Kenapa SMA gue begitu ngga punya pendirian, ngga punya misi, ngga punya tujuan. Kerasanya sekarang kan? Rasain lo Pur!
Pasca mudik kemaren hari Sabtu tepat dihari Dirgahayu Indonesia, Alhamdulillah gue nemu warnet yang buka. Liat YouTube eh ada MV terbaru SHINee, gue donlot dulu. Kemudian bingung mau browsing apa.

Gatel rasanya kalo ngga buka-buka blog orang, ngga sengaja sih. Gue nyangkut ke satu blog terus blog itu menghubungkan dengan blog lain dan terus terhubung sampe gue nemu blog seorang penyiar radio. Dari sini gue jadi inget kerjaan yang awal sekali banget gue tekuni. Jadi seorang penyiar radio, kenapa gue ngga coba lagi?

Kalau gue ngga salah inget, gue dapet info ini dari blognya Djengdwinda, seorang penyiar salah satu radio di Bandung. Kalau ngga salah inget lagi, beliau ini penyiar radio Rase FM dan kalau gue ngga salah inget juga tulisan yang dimuat beliau itu judulnya Bagaimana Menjadi Seorang Penyiar Radio. Masih kalau gue ngga salah inget kurang lebih begini kiat-kiatnya:
 1.      Berawal dari suka musik dan suka mendengarkan radio
Berawal dari suka, sebisa mungkin apapun yang kita akan lakukan alangkah lebih baik jika kita menyukainya lebih dulu. Itu yang bikin kita ngga bosan ketika kita menjalaninya, karena apa? Karena kita suka. Terus juga kalo ngederin radio usahaian ngga fokus di satu frekuensi, di radio atau acara yang kita suka aja. Supaya kita tau dan punya bayangan kalau-kalau kita ngebawain segmen tersebut.
 2.      Belajar
Belajar adalah hal yang dimanapun dapat siapapun lakukan. Belajar jadi penyiar memang akan lebih baik kalau dilakukan di lembaga khusus pendidikan kepenyiaran atau broadcasting. Karena pastilah disini kita bakal dibimbing dan diberi pengarahan untuk menjadi penyiar yang benar-benar penyiar. Memang ini menunjang banget, apalagi secara teknis disini kita dikenalin langsung seluk beluk dalem radio. Terlebih lagi disini juga sangat memungkinkan untuk kita bisa disalurkan secara langsung ke radio-radio yang lagi butuh jasa penyiar, termasuk bagi pemula. (kayanya, karena gue juga belum pernah) Belajar memang bisa dilakukan dimanapun, ngga wajib juga sih melalui pendidikan formal. Secara informal juga bisa kalau kita memang punya dasar kemampuan yang baik dan yang pasti ber KEMAUAN. Hehehe usaha usaha dan usaha. Semangat! Ekonomi bukan penghambat ;)
 3.      Sample voice
Contoh vokal pasti dibutuhin setiap pihak radio dalam menyeleksi pelamarnya, setau gue ini dibuat rekaman dalam bentuk CD. Disini kita bercuap-cuap sesuai gaya bahasa kita seolah-olah kita lagi ngebawain salah satu segmen di radio yang mau kita lamar.
 4.      Ngelamar aja
Katanya ngga sedikit pihak radio yang adem ayem, cenderung ngga berkoar-koar berikrar kalau sebenernya mereka lagi butuh jasa penyiar. Untuk mengantisipasi hal itu (cailah gue engomongnya gini banget) ngga ada salahnya kalau kita ngelamar tanpa disuruh. Katanya hal yang perlu kita siapkan antara lain: CV yang dibuat semenarik mungkin, berhubung radio merupakan perusahaan kreatif jadi ya kita buat dengan kalimat yang menarik, mudah dibaca dan juga dimengerti, pokoknya kalimat-kalimat menarik yang menyakinkan bahwa kita siap memasuki dunia kepenyiaran. Surat pengalaman kerja dan transkip nilai dan semuanya ngga pake bohong. Jujur adalah modal utama kan guys? Hehe
 5.      GENGSI buang jauh-jauh
Kalau belum berhasil ayo coba lagi. Kirim lamaran kemanapun radio yang membutuhkan. Ngga pake GENGSI percaya diri penting banget, jadi penyiar radio apapun kita yang penting masuk dulu, lumayan juga kan buat pengalaman. Langkah pertama kita diradio adalah ceriminan akan menjadi penyiar seperti apa kita nantinya, jangan pilih-pilih. Udah atau belumnya kita jadi penyiar wajib terus up grade kemampuan, wawasan, berita, perkembangan musik dan jangan cepat puas.

Minggu, 18 Agustus 2013. Gue gundah gulana karena di kampung gue ngga ada karnaval 17an, ngga banyak tukang dagang keliling yang gue jumpai disepanjang trotoar pusat kota. Gue SMS Novita a.k.a Ooph a.k.a Opi kenapa dia ngga jadi barongsai untuk memeriahkan gempita dirgahayu Negeri di kota kami. Hahahaha bohong deng bohong, gue gundah bukan karena hal itu gue SMS Opi juga bukan karena itu. Opi temen sekelas gue pas SMA udah lebih dari setaun jadi penyiar radio di Banjar, kuliahnya sih di Bandung berhubung lagi libur panjang. So, doi pulang dan menekuni pekerjaan lama.

To:
2 Novita +6285659xxxxxx
Op, aku bakat jadi penyiar ga?

From:
2 Novita +6285659xxxxxx
Iya ii, kamu kan udah pernah

To:
2 Novita +6285659xxxxxx
Itu kan udah lawas tenan op, ajarin ya! Recommend aku juga musti ngelamar kemana

From:
2 Novita +6285659xxxxxx
Aku ga bisa. Ngelamar ke Rasita juga boleh. Belajarnya disini aja, aku bilang dulu ya sama orang disini, kalo diminta cepet-cepet dateng kamu kudu siap ok

Gue udah siapin sesuai yang Djengdwinda saranin diblognya tentang apa aja yang musti ada buat ngelamar ke radio. Senin sore gue ditelpon sama Opi suruh dateng ke Rasita, gue kira bakal duduk, ngasihin berkas, wawancara biasa terus pulang nunggu keputusan apa gue berhak siaran apa engga dan kapan waktu gue untuk itu. Tapi apa? Baru dateng gue udah suruh langsung siaran aja, tendem sih cuma ya kaget. Tanpa persiapan, sama Opi sih, ngga grogi ngga apa. Kaya ngerumpi bareng temen sekelas aja. Tanpa tau suara gue di radio kaya apa. Hari kedua siaran masih di acara yang sama Beranda Rasita jam 3-6 sore, gue pulang terus nyokap nanya
Mama  : “wanti tadi jadi siaran ga?”
Gue     : “jadi mamah, tadi sih sama Opi”
Mama  : “itu mah bukan suara kamu”
#JLEB
Ada dua kemungkinan:
 1.      Suara gue pake mic lebih jelek dari aslinya
 2.      Suara gue pake mic lebih ehm bagus dari aslinya dan yang ini jauh dari mungkin.

Di tahun ini kembali gue bangun semuanya dari awal, dari nol lagi sebelum nyoba tes PTN lagi taun depan. Mudah-mudahan kalo ada umur sama Rezeki. Jalani aja, biarpun sebenernya buat gue jadi seorang penyiar minim dukungan keluarga karena setau mereka jadi penyiar tuh ngga ada duitnya. Ngga ada yang bisa gue lakuin selain terus ngeyakinin. Namanya cari pengalaman, anggap aja gue lagi khursus di lembaga kepenyiaran. Tapi ini ngga perlu bayar, langsung di radio lagi, udah gitu dikenal orang. Hahaha

Kepanjangan ya? Gue kan janjinya nggak kan posting panjang-panjang lagi.
Oke deh gue juga mau lanjut siaran.
Hari ketiga on air. Syalala tralala cubidu pam-pam. Japlin Jay!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar