Rabu, 14 Agustus 2013

Untitled 365


Jalan panjang menuju langit biru
Tiba-tiba ku lihat seorang anak
Yang menemukan harta karun didalam sana
Alangkah senang dan hati gembira
Wangi angin pada rumput disore hari
Sampaikan
Salam
Gembira
Hal yang menyenangkan hati banyak sekali bahkan kalau kita bermimpi
Sekarang ganti baju agar menarik hati ayo kita mencari teman…

Masih inget ngga sama soundtrack film kartun yang tadi? Yups, OSTnya Chibi Maruko Chan. Hahaha itu loh Maruko dan Hanawa poni cetar tralala dan siapa lagi gue lupa pokoknya salah satu antek-anteknya Maruko itu ada yang berkepala bawang. Eksotis
Ada satu hal yang gue lupa. Hmm apa yah? Kayanya gue belum bilang HAY.
HAYY APA KABAR TEMAN-TEMAN SEMUA? Gue bingung nulis kata sapaan yang bener itu gimana sih. Hay apa hey apa hai apa KAI? Hahaha Kai AUWW SARANGHAEYO MOAHH (titik dua bintang 999 biji). Sama halnya dengan kebingungan yang gue rasain buat nulis salah satu nama daerah istimewa di tanah air. Apakah ditulis Yogya, Djogja, Jogya atau Djogdja. Wallahu’alam. Gue sarahkan sepenuhnya pada Allah SWT.

Oke, jadi gue mau ngapain disini? Nimba? Jelas itu ngga mungkin. Sepintas gue pengin nangkep makna tersirat dari lagu metal diatas. Metal? Hmm ngga deng becanda. Hehehe waktu kecil gue seneng banget nonton kartun. Yah, yang disiarin di TV doang sih itu juga kalo chanelnya ketangkep lewat antenna TV rumah gue dan itu juga kalo TVnya ngga lagi dibajak bokap buat nonton acara tinju. Sampe-sampe gue hapal semua lagu pembukanya yang berbahasa Indonesia. Ngga gue hapalin, tapi inget sendiri aja, saking antusiasnya gue ngikutin perkembangan kartun tersebut. Beranjak gede, gue kenal internet, gue download semua. Tapi kini sirna, semua pergi bersama harddisk gue yang jadi rongsok. RIP OST kartun, foto alay kelas satu SMA, games & harddisk pertama. *backsong: kali merah. O.o

Ralat ralat! Bukan nangkep makna tersirat juga sih tapi pokoknya bait pertama lagu itu gue suka banget “jalan panjang menuju langit biru” hehehe kalimat itu punya tempat tersendiri dihati dan pikiran gue. Ceilah karena gue mengasumsikan kalimat tersebut sebagai motivasi bahwa menurut gue ya, untuk menuju langit yang biru itu membutuhkan perjalanan yang panjang dan pastinya langit bakal terlihat biru kalo ngga ada awan, hujan, badai, petir, angin dkk. Otomatis, kalo kita udah ada di langit yang biru kita udah berhasil ngelewatin penghalang-penghalangnya tadi dan pastinya lagi untuk melewati itu ngga dalam waktu singkat.

Kenapa sih judul postingan ini untitled? Karena isinya absurd. Kenapa ada 365nya? Partisipasi EXO aja, oiya EXO comeback loh! Wolf drama version MV juga udah ada. Growl kereeennnn. BASI. Hahaha apapun yang gue post ngga jauh dari tema blog gue. Gue pengin cerita, singkat aja tentang hal-hal setahun kebelakang yang berkesan, yang gue inget, meski ngga semuanya manis. Malah kata gue lebih banyak pahitnya daripada manisnya tapi jujur, gue suka, ini challenge. Tornado hysteria roller coasternya kehidupan. Kita harus siap karena ini kehendak Allah. Story of My Life. Goresan hidup bocah kampung yang cuma modal dengkul. Semoga bermanfaat ya guys ;)

Experience is the Best Teacher à like it! 
Kita ehmm maksudnya gue. Hehe gue ibaratkan langit itu masa depan, biru itu cerah, dan yang kelabu-kelabu itu cobaan eh ujian eh bukan, itu tanda sayang Allah sama kita. Sedangkan jalan panjang ya perjalanan kita buat sampe di langit biru itu. Banyak jalan menuju Roma, begitu juga buat sampe ke langit biru. Sepenuhnya pilihan ada ditangan kita, terserah kita mau pake jalan yang mana. Ibaratnya buat kita sampe dilapisan atmosfer paling akhir, mau kita naik layangan, balon udara, nebeng sama capung, naik pesawat jet atau pegangan sama Kai pake kekuatan teleportasinya biar kita tring langsung sampe ke tempat tujuan juga boleh, tapi ya resiko juga sepenuhnya ada dipilihan kita. Biar lambat asal selamat karena kalo cepat biasanya mendatangkan mudarat. Hahahah ngga selamanya bener sih, mayoritas ajakan kalo yang instan suka ada efek samping terus juga kesannya kalo cepat tuh identik sama tergesa-gesa dan ngga teliti tapi ya tergantung individunya juga kalo dia cepat dan cermat, its ok.  Kehidupan manusia beragam, masalah yang kita anggap berat belum tentu berat bagi orang lain. Tergantung kita menyikapinya aja sih kalo kata gue mah. Pinter-pinternya kita aja dalam bersyukur dan berempati sama orang lain. Tapi Masya Allah buat ngga ngeluh itu susah banget, padahal kita sendiri tau banyak orang diluar sana yang lebih ngga beruntung dari kita. Hmm

Sejauh ini temen-temen pasti pernah lah ya ngalamin hal yang berkesan dalam hidup, mau itu hal baik atau sebaliknya. Kegagalan, ketidakpuasan, kecewa, sedih, sakit hati, biasanya itu yang susah kita lupain, tapi jangan sampai dendam ya guys! Ngga baik, itu malah menggerogoti pahala kita. Hehehe jadikan kegagalan sebagai perbaikan dilangkah kita berikutnya sesuai kata pepatah bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda atau kegagalan adalah awal dari keberhasilan, awal dari keberhasilan ya bukan awal dari kegagalan berikutnya. Hehe. Ngomong-ngomong pengalaman berkesan, gue juga punya, gue ngga bisa nyimpulin apakah yang gue alamin ini baik atau buruk. Positif aja, kalo kita anggap baik pasti bakal jadi baik :)

Horeee akhirnya status pengganguran yang gue sandang enyah juga. Hahaha oiya, di entri gue yang lalu gue sempet bilang kan kalo itu entri terakhir sebelum gue merantau? Well, sekarang gue udah pulang ke kampung halaman dengan menyandang gelar baru: eks anak rantau. Jadi gini, taun kemaren tepatnya tanggal 16 Agustus (H-2 lebaran) gue putusin buat ikut nyokap ke Jakarta biarpun kita beda tempat kerja dan bedanya jauh sekali. Kebayang ngga sih di Jakarta tanpa ada sodara, yang sebelumnya gue datang ke Jakarta buat study tour sekolah seneng-seneng sama temen sekelas waktu SD sama SMA kini untuk ke tiga kalinya gue injakan kaki, buat nyari duit.

Gue kerja disalah satu usaha cattering, gue mau aja karena “kata” bos, gue bakal di ikutin kursus bahasa dan taun depan (berarti taun ini) gue mau dikuliahin. DEMI TUHAN gue pengin banget, gue seneng, bahagia sehat sentosa. Bos gue itu bos bokap dulu waktu bokap gue masih dibengkel, awalnya gue seneng aja karena kepercayaan beliau sama bokap ternyata ngga berubah sampe sekarang dan senengnya lagi gue juga dapet kepercayaan yang sama, sebisa mungkin ngga gue sia-siain yang namanya kepercayaan, gue selalu ngelakuin yang terbaik yang gue bisa lakukin dan yang pasti tetap jujur dalam ngelakuin apapun juga bertanggung jawab. Gimana ya gue juga bingung mau bilang posisi gue sebagai apa disana. Sebagai leader, ngga mungkin. Visual, apalagi itu. Wkwkw gue sama aja sih kaya pekerja-pekerja yang lain, jadi gini tiap hari bangun jam 04.00 WIB (ciyus men, subuh gile) buat motongin sayur yang bakal dimasak. Masakan yang udah jadi dibungkusin terus dikirim-kirimin ke pemesan, tapi selain ketring ada juga kantin. Kantin khusus karyawan sih dibeberapa Mall di Jakarta. Berartikan tugas pekerja termasuk gue seudah motong-motong, ngebungkus, beresin keperluan kantin, ngangkutin masakan ke mobil, harusnya sih yang ini tugas laki-laki tapi partner gue cewek yang tau terima beres aja. Ok fine udah gitu gue mandi, beres, terus berangkat ke kantin. Dan selama disini gue harus lepas jilbab. Ini berat.
Dua jam kemudian baru gue sampe, bukan jarak yang dekat dari selatan menuju barat ditambah macetnya ibu kota. Gue sampe, nurunin masakan dari mobil, mindahin masakan dari box ke tempat sayuran dan mulai dagang. Puncak kecapean ada di jam-jam makan siang, di tempat gue selain jadi pelayan kita juga ngerangkap jadi kasir, pembuat minuman, pembersih meja, cuci piring, sapu pel. Kalo ditempat lainkan ada bagiannya masing-masing yang ngasirin ya ngasirin, ngelayanin ya ngelayanin. Tapi ngga apa-apa, gue suka, ini challenge :D

Adzan magrib layaknya bel pulang (kalo di kantin lain sih adzan Isya). Kalo boleh komentar ya bukannya cepet-cepet sholat ini malah cepet-cepet bersih-bersih, emang bagus tapi kan itu bisa nanti, kalo kewajiban kita udah dilaksanakan kan beres-beresnya juga tenang. Tapi gimana ya, jujur gue ngga pernah sholat magrib. Pernah gara-gara gue sholat gue ditegor sama sopir brengsek yang ngangkut dagangan. Katanya ngelamain, kalo gue sholat lagi gue bakal ditinggal karena nanti jalanan makin macet. Astagfirullah. Ya silahkan aja, gue ngga ngegubris, apa hak dia. Sudahlah, bukan level gue dengerin omongan orang ngga mutu macam dia, walaupun memang semenjak itu gue jadi ninggalin magrib karena satu jam ngga cukup buat beres-beres. Maklum aja, yang kerja cuma gue sama partner gue dan dia cewek. Sedangkan orang so suci yang ngelarang sholat jadi mandor banyak congor. Gue ngga suka orang itu. 

 Sampe di rumah, ngapain lagi kalo bukan mandi karena seharian abis romusha dan sebelumnya harus ngantri dulu karena sarana MCK sangat terbatas. Berbanding terbalik dengan jumlah pekerja. Gue baru bisa bernafas lega setelah lewat jam 22.00 WIB sebelum akhirnya gue tidur dan mulai aktifitas lagi jam 04.00 WIB berikutnya. Seminggu serasa tujuh hari, tujuh hari kerja, tujuh tanggal hitam. Selama tiga bulan gue disana, gue seolah ngga kenal hari, ngga kenal libur, suasana Idul Fitri pun ngga gue rasain sama sekali karena biasanya gue kumpul bareng keluarga kini gue ditengah pengasingan. Satu hal dalam benak yang selalu mengurungkan niat untuk pulang adalah kursus dan kuliah. Tapi ternyata itu PALSU. Harapan kosong, iming-iming kebohongan, caci maki. Alhamdulillah, terimakasih Ya Allah, Engkau telah mengenalkan pelajaran ini.

Dari awal November gue udah minta pulang tapi ngga didenger, gue udah kaya pengemis waktu itu, tiap hari ngerengek dan baru diijinin pulang di akhir bulan dan itu pun gue harus terima makian dulu, dihina, dibilang anak ngga mikirlah, ngga tau diri, so kuasa. WTF siapa lo? Orang tua gue juga bukan dan sekesel-keselnya ortu sama gue, mereka ngga sampe ngatain gue sehina itu. Makasih

Gue pulang membawa hati yang luka. Ciee gue mau sedih tapi buat apa, syukuri aja. Untung cuma tiga bulan ngga lima bulan sepuluh bulan. Apa jadinya kalo waktu itu gue ngga nanya gue bakal di kursusin atau ngga, dikuliahin atau ngga. Tiap gue nanya jawaban tetep sama “iya besok” besok dan besok sampe kiamat gue ngga tau. Haha itu yang gue bawa ke kampung halaman. Pengalaman, motivasi, sejuta cerita, gaji yang ngga sepadan. Ups dan kesimpulan, bahwa hidup itu keras. Tapi ini sama sekali ngga bikin niat gue buat ngelanjutin sekolah dan meraih mimpi terhenti.
Pengalaman emang guru terbaik, guru yang mengajarkan kita untuk lebih baik.

Belajar jujur, disiplin dan tanggung jawab
Engga peduli rumah berantakan kaya kandang bison, bagi gue ini istana selamanya bakal jadi istana. Kebahagiaan yang ngga bisa dibeli: kumpul sama keluarga. Meskipun masih tanpa nyokap, tapi cukup jadi pengompres hati. Di Banjar gue ngga tinggal diam, gue tetep usaha nyari kerja karena gue butuh buat modal buat kuliah biarpun pasti nggakan 100% bisa nutup biaya gue nanti, tapi Insha Allah usaha gue udah 100% dan Alhamdulillah temen lama gue, tepatnya temen SD, Nur Esti ngasih saran buat ngelamar kerja ditempat dia kerja. Dan Alhamdulillah lagi ngga lebih dari 2minggu gue udah nemu kerjaan yang jauh lebih baik. Minggu awal gue ngelengkapin segala persyaratan, semua sih udah ada fotokopi ijazah dan SKHU legalisir udah disiapin, fotokopi KK, KTP, akte, daftar riwayat hidup juga udah. Buat identitas aja sih biar jelas. Cuma yang gue belum punya itu Surat Keterangan Catatan Kepolisian kalo ngga salah, pokoknya kalo disingkat SKCK sama kartu tanda nyari kerja apa sih tuh namanya, disebutnya sih kartu kuning. Itu emang rada ribet apalagi SKCK. RIBET BANGET. Wara-warinya amazing, tapi Alhamdulillah keduanya selesai dalam setengah hari. Karena gue niat. Hehe percayalah sobat, kalo niat apapun bisa terjadi.

Pertama kali gue ngelamar kerja dalam hidup. Gue ngelamar buat jadi SPG Fashion di Toserba Yogya Banjar (tapi ngga kaya SPG SPG di kota yang bajunya seksi puser dada paha kemana-mana. Disini pakaiannya sopan dan BOLEH pake kerudung. Alhamdulillah akhirnya kejahiliyahan Jakarta ngga gue temuin). Polontong banget gue (bahasa Sunda yang artinya ngga tau malu) kalo orang lain sesama pelamar ngasihin lamaran tuh lewat pintu karyawan di belakang terus ngasihinnya ke satpam, di ukur tinggi badan terus pulang. Biarin satpam yang ngasih berkas lamarannya ke personalia terus personalia milih mana yang memenuhi syarat terus baru interview, kalo lulus baru deh bisa kerja sesuai hari yang ditentukan. Lah gue, datang lewat pintu konsumen langsung ke lantai dua lewat tangga konsumen pula (karena di Yogya Banjar divisi fashion dilantai dua) nanya sama Nur dimana ruangan supervisor. Tanpa tau diri gue masuk aja ke pintu yang menghubungkan tempat jualan sama tempat khusus yang boleh dimasuki karyawan dan orang yang bersangkutan. Gue yang bukan karyawan dan bukan orang bersangkutan pede aja ngetuk pintu ruang supervisor dan bertemu langsung dengan calon supervisor gue nanti, yang katanya Bu Rina untuk Ladies, Baby and Kids atau Pak Yudi (lawan shift Bu Rina) untuk Mensware, Shoes and Bag. Tapi wakti itu sih gue ketemunya sama Bu Rina. Berikut perkacapan memalukan gue.
Tok tok tok-masuk.
Gue dengan tingkah bego: “ Assalamualaikum. Permisi Bu! Saya dengar di Yogya Banjar khususnya divisi fashion sedang ada lowongan, benar bu?”
Bu Rina: “Lowongan bisa saja ada bisa tidak untuk sekarang berkasnya titipkan dulu saja.”
Mungkin maksudnya itu dititipkan ke satpam terus diukur tinggi terus ke personalia kaya pelamar yang lain berhubung gue bego gue malah melakukan hal berikut.
Gue: “ya udah, simpen disini aja ya Bu! Makasih Bu. Assalamualaikum!” tutup pintu ngacir.
Si Ibu mungkin syok karena percuma kalo beliau ngejelasin juga orang guenya udah mabur. Jadi beliau cuma bilang: “yo. Waalaikumsalam”

Entah dua atau tiga hari kemudian gue dapet telepon gue seneng setengah mateng begitu hape gue bunyi dan gue liat kalo nomor yang manggil itu nomor baru, nomor telepon rumah kode area Banjar. Siapa lagi kalo bukan pihak Yogya. Sempet ngga nyangka sih karena anak slonong boy kaya gue dipanggil juga. Gue terima tapi kok yang nelepon cowok, mana aneh lagi. Gue ngucap salam dia ngucap salam juga, gue jawab salamnya dia juga jawab. Ini orang ngajakin ribut? Tau ah, yang penting gue dipanggil buat interiew siangnya, mungkin kalo Nur Esti baca ini dia pasti bakal nyengir. Iya kan Nur? Wkwkw

Interview itu ternyata ngga seserem yang gue pernah sangka. Gue diinterview sama Bapak yang gue kira itu Pak Yudi. Dulu gue bayangin kalo interview masuk kerja itu kaya masuk hutan. Pokoknya paragdigma gue interview itu identik dengan hutan belantaran. Kalo ngga hati-hati, salah dikit kita kesasar begitu juga dengan interview kerja, salah ngomong dikit blacklistlah kita. Tapi he to the lo heloo. Yang gue anggap sebagai hutan belantara setelah gue masukin ternyata ngga lebih unyu dari taman bermain anak-anak, bak alun-alun Banjar di malam Minggu yang cerah dengan tukang odong-odong, tukang mainan dan tukang makanan yang menjamur dipusat kota bagai ojeg payung dimusim hujan. Gue suka. Ketika gue ditanya tentang gue orang yang kaya apa. Sontak gue jawab “Insya Allah saya jujur, disiplin dan tanggung jawab” (mudah-mudahan ya Allah, bukannya gue sombong ya guys. Ucapan kan doa jadi lebih baik kalo kita berucap yang baik-baik. Heheh). Kuncinya cuma jujur dan gue sih waktu itu suruh ngitung diskon maklumlah kan nantinya mau dagang biarpun urusan diskon urusan mesin kasir tapi alangkah baiknya kalo kita juga bisa ngitungnya, biar kalo ada konsumen bingung soal harga kita bisa bantu. Haha bagi gue yang bego aja itu ngga susah. Apalagi menurut temen-temen yang pinter. Ya kan? Gue yakin gue diterima kerja. Bismillah

Untuk kesekian kalinya doa gue diijabah Allah. Tanggal 8 Desember 2012 Alhamdulillah gue di telepon lagi, kali ini langsung sama supervisor gue, Bu Rina. Beliau ngasih kesempatan gue kerja mulai besok. Pesan beliau cuma pertama gue temuin Pak Yudi dulu. Ok Gue langsung SMS Nur.
Malemnya tepat malem Minggu gue minta Nur nemenin gue beli peralatan. Keburunya sih beli bedak sama sepatu doang karena buat kemeja putih sama celana hitam besok lagi deh udah malem gue pinjem dulu punya Nur. Nur, kamu sangat berarti moah. Hahaha

Alhamdulillah sekali sangat Alhamdulillah Nur besok bagian pagi. Ngga tau gimana kalo dia masuk siang, gue anak baru dilingkungan dan orang baru, sendiri tanpa kenalan. Akhirnya seluk beluk dalem toko dia kenalin. Alhamdulillah gue paham. Apel pagi, doa, yel-yel selesai. Gue ikutin Nur aja kemana-mana, liat ruangan supervisor fashion belum ada orang. Tandanya para staf masih di bawah, Nur sohib gue yang menjabat SC Ladies menuju konter, kontras gue ikutin. Bantuin ngilepet baju sambil nunggu Pak Yudi. Ngga lama gue liat ke ruangan eh ada orang. Gue nanya sama senior disana katanya Pak Yudi emang yang itu. Tapi hey kok peda sama Bapak yang waktu itu nginterview gue. Apa yang namanya Pak Yudi ada dua? Segera gue pecahkan misteri ini dan ternyata Pak Yudi gadungan yang waktu itu interview gue namanya Pak Aldi supervisor foodcourt. Hahaha cukup membingungkan dihari pertama kerja padahal toko belum buka. Gue jadi SPG JSP dilantai satu waktu itu.

Empat setengah bulan bekerja. Kalo ditanya betah ngga? Pasti betah. Seneng ngga? Pasti seneng. Temen baru, suasana baru, pengalaman baru, semuanya lebih menyenangkan. Cerita yang malu-maluin yang nggakan pernah habis kalo diulas lagi bareng banyak banget temen yang ngga bisa gue sebut satu-satu. Dan kalo ditanya hal yang paling membekas. Hmm banyak sih, cuma pas awal banget gue pindah konter ke lantai dua ada satu anak konsumen nyebelin banget, emang dasarnya gue ngga suka anak kecil karena kebanyakan mereka tuh rese dan bandel dan kalo ngga suka bisanya nangis padahal ngga di apa-apain dan pokoknya ngga banget tapi kalo anak kecilnya baik, lucu terus nurut gue baru suka. Waktu itu gue bingung mau ngapain konter gue beres ya gue cengo aja mau ngobrol-ngobrol sama para senior takut dibilang SNSD (so ne’nal so dekat) jadi gue lebih diem kaya bagong rempong (rempong, diem apanya) gue liat ada anak kecil yang kirain ngga kupret, dia celingukan kayanya nyari emanya ngga tau tantenya karena kan mungkin aja dia tinggal sama neneknya terus berhubung neneknya udah tua renta dan pake kursi roda jadi ngga bisa naik escalator jadi cucunya main sama tantenya tapi tentenya keasyikan milih-milih baju jadi tuh anak ngga keurus dengan ekspresi ngga banget dan akhirnya gue yang menemukan. Haduh cape juga ngehayal, ngga pedulilah dia anak apa dan siapa yang jelas terjadi hal dramatis. Gue samperin, kasian aja mungkin gue bisa bantu. Keliatannya dia lagi nyari sesuatu, uang receh dilantai? Bisa jadi. Gue tanya: “ Ade sama siapa ke sini?” Denger suara gue si anak nengok, mukanya berubah jelek banget karena dia tiba-tiba nangis hingga akhirnya ngacir ngga assalamuaikum. Gue balik ke konter, ngejauh dari tuh tuyul millenium. Untung ngga ada yang liat biarpun ada juga gue ngga takut, biarpun gue bakal dilaporin ke KPK atas tuduhan pengolok-olokan anak nasional, orang ngga gue apa-apain gue ngga sentuh seonggok jidatnya sekalipun. Hahaha pelajaran kali ya, gue jangan terlalu sangar jadi orang. Dan apa hubungannya juga sama KPK. Bego lu Pur!
Hari demi hari bergulir cepat gue sempet break dulu karena barang gue habis kontrak terus akhirnya gue dapet brand baru. Free n Free SP.

Subhanallah, Alhamdulillah ya Allah. Kata disiplin yang gue janjiin waktu interview dulu bisa gue pertanggung jawabkan. Lo tau ngga sih lo, selama gue kerja, empat setengah bulan ngga sekalipun gue pernah telat masuk kerja. Beda banget sama jaman sekolah. Alesan kenapa pas gue sekolah dulu seenaknya banget karena gue mikir sekolah kan kita yang bayar jadi okelah orang gue kesiangan juga musibah yang ngga direncain sedangkan kerjakan kita yang dibayar jadi kita wajib patuh sama aturan. Hehe tapi guys, jangan tiru pola pikir gue itu ya dimanapun kapanpun dan jabatan apapun yang kita duduki jangan sampe kita semena-mena aturan harus ditegakan dan kita patuhi. Justru peraturan disekolah itu ngedidik kita buat disiplin ketika kita masuk dunia kerja. Orang disiplin dimanapun pasti dihargai dan orang yang berhasil adalah orang yang disiplin. Berhubung gue bego, gue ngga mikir sampe situ. Hahaha

Oiya udah empat setengah bulan ya? Berat hati buat gue menghentikan ini. Ini opporunity cost (jiah so ekonom) karena ngga mungkin gue jalani keduanya, gue harus mengorbankan salah satu antara kerja dan meraih cita-cita dengan langkah awal ngelanjutin sekolah. Kerja ngasih banyak gue ilmu, kejujuran dan tanggung jawab menurut gue merupakan kesatuan yang ngga bisa lepas dalam dunia apapun tak terkecuali pekerjaan. Disini gue belajar buat lebih jujur, lebih disiplin dan lebih tanggung jawab sebagai pondasi hidup dalam bercita-cita.

Memang ngga setiap cita-cita itu bisa diraih dengan setelah lulus satu jenjang pendidikan kita terusin lagi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dan memang juga kalo salah satu tujuan dari pendidikan adalah pekerjaan, pendidikan adalah modal kita meraih masa depan lebih cerah. Bagi sebagian atau mungkin kebanyakan orang (termasuk gue) masa depan cerah itu sendiri diartikan sebagai kesuksesan atau  keberhasilan meraih cita-cita atau juga jabatan yang mapan dan uang melimpah. Hehe uang pasti deh ujung-ujungnya uang. Wkwkw tapi emang ngga salah-salah banget kan gue bilang gitu? Hmm oke, saatnya gue korbankan kerjaan dan ngundurin diri per tanggal 13 Mei 2013. (ceritanya) Gue mau fokus.

Takdir nasib
“Kok keukeuh banget sih pengin kuliah? Kenapa sih kan udah kerja? Sekolah juga kan ujung-ujungnya buat dapet kerja? Banyak kan yang sukses tanpa sekolah, sedangkan sarjana yang nganggur beuh, bejibun banget.”
Segelintir pertanyaan yang ngga asing diterima dikuping yang sebenernya udah bosen banget gue jawab. Biarpun jawaban gue so simple so fun(sofyan): “ngga kenapa-kenapa pengin aja.” Dan malah dengan jawaban gue kaya gitu timbul pertanyaan dan pernyataan baru yang semakin mojokin, seolah tersirat makna “kuliah itu ngga ada gunanya”. Gue sih nyantai aja, cuma kalo gue udah ngerasa ngga nyaman sama satu keadaan hal yang gue lakuin adalah 3S. Senyum Sambil Slonong boy. Senyum sebelum mabur ngga assalamualaikum.

Pertanyaan-pertanyaan tadi emang bener, bener banget malah, gue akui gue setuju. Terus kenapa kalo misalnya ada orang yang masih tetep pengin kuliah? Suka-suka dia kan orang dia yang usaha. Namanya juga cita-cita, ngga ada yang ngga boleh. Selagi cita-cita dan jalan meraihnya itu di jalan Allah. Bagi gue dalam hidup yang ngga boleh itu cuma salah dan menyerah. Hehe
Sekolah ujung-ujungnya buat nyari duit. Bener
Banyak orang sukses tanpa sekolah tinggi-tinggi. Bener
Ngga sedikit sarjana ngga dapet kerjaan. Bener
TAPI, balik lagi sama individu masing-masing.

Kalo gue terlahir kaya mungkin aja gue ngga mirikin pendidikan, bisa jadi gue ngga niat buat namatin SD sekalipun. Kalo gue pinter otomatis gue nggakan sekolah. Dan kalo misalnya gue udah punya gelar sarjana tapi (mit amit) gue ngga dapet kerja, mungkin karena gue ngga usaha. Kuliah itu mahal, kuliah itu cuma buat orang kaya, kuliah itu ngga jamin bla bla endswei endbrei endbror syalala tralala atau apalah anggapan miring soal kuliah udah jadi menu santapan sehari-hari kedua telinga.

Apa sih yang ngebedain takdir sama nasib? Menurut pengetahuan gue yang (sangat)  minim (sekali) kalo takdir itu pokoknya ngga bisa diubah sedangkan nasib bisa, asal ada usaha. Takdir gue mungkin bukan terlahir dari kalangan bangsawan tapi nasib gue bisa aja nantinya jadi bangsawan dan bisa juga engga, tergantung usaha kita. Yups, usaha yang bisa merubah nasib dan pastinya ridha Allah yang kita mohon lewat doa. Orang yang bernasib baik berarti orang yang mendapatkan hasil dari ikhtiar dan rasa yakin bahwa orang itu bisa melakukannya. Pertemuan antara kesempatan dan kemampuanlah yang sering disebut keberuntungan, itu juga jadi hal yang ngga lepas dari tangga kehidupan seseorang menuju keberhasilan. Kalo temen-temen nanya gue mending jadi orang pinter atau beruntung gue pilih jadi orang beruntung karena kan kita taulah, kita sering nganggap manusia beruntung punya kasta diatas orang pintar. Tapi, katanya dan gue juga setuju, masih ada kasta diatas orang beruntung, yaitu orang bijaksana.

Sederhana aja kali ya kalo orang yang bijaksana itu kurang lebihnya selalu positif, pandai bersyukur, simpati dan pastinya pantang menyerah buktinya orang beruntung aja kalah. Haha mudah-mudah ya kita tergolong sebagai orang yang bijaksana. Amiin

To the point aja deh gue jawab alesan kenapa gue ngotot banget pengin kuliah. Karena gue punya cita-cita. Biarpun ngga selamanya cita-cita bisa diraih lewat ngeyam bangku kuliah tapi seengganya ada satu jurusan yang gue suka biarpun ngga tau gue bakat atau engga dijurusan itu dan ngga jamin juga setelah lulus gue bakal dapetin kerjaan sesuai dengan jurusan yang gue ambil. Gue bukan tipe orang yang mampu belajar sendiri, ngga kaya orang lain yang bisa sukses tanpa sekolah. Gue engga pinter makanya gue pengin terus lanjutin sekolah, niatnya sih ke PTN mudah-mudahan aja, karena satu-satunya yang gue andalin dalam biaya cuma bidikmisi yang taun kemaren ngga sempet gue ambil. Alhamdulillah taun ini masih ada kesempatan nyoba lewat SBMPTN. Gue butuh sekolah karena gue butuh ilmu, ya biarpun ilmu ngga cuma bisa didapet disekolahan tapikan gue ngga pinter gue nggakan nemu kalo ngga ada yang ngasih. Di perguruan tinggi nanti gue pengin belajar dari temen-temen dan dosen yang pastinya jauh lebih pinter dari gue. Gue pengin belajar dari mereka dan belajar bareng mereka biar gue ketularan pinter gitu. Hehe mudah-mudahan.

Soal sarajana yang ngga dapet kerjaan sih balik lagi ya ke yang sebelumnya gue bilang. Itu tergantung individunya aja. Gue ngga mau komentar banyak ah. Silahkan pahami menurut pendapat masing-masing. Hehehe sedikit kesimpulan dari hal ini (versi gue) Takdirnya jadi sarjana tapi nasibnya jadi pengangguran, kalo mau usaha nyari kerja insha Allah nasibnya bakal jadi non pengangguran. Lahaulla, perkuat dengan do’a.

Ikhlas, ikhtiar dan penuh keyakinan
Yang namanya gosip nyebarnya emang lebih cepet dari bayangan, dulu sih begitu gue tamat SMA. Ngga tau denger berita dari mana. Berikut percakapannya waktu gue disuruh bokap beli sayur mateng. Langsung ke intinya aja ya! Karena gue dilingkungan rumah emang kuper dan jarang basa-basi. Berhubung dirumah ngga ada nyokap otomatis gue yang gantiin, terjun ke peradaban ibu-ibu.
Ibu-ibu: “neng kenapa ngga kuliah?”
Gue: “ah bu, ngga ada biaya.”
Ibu-ibu: “kan dapet beasiswa.”
Gue: “saya ngga pinter bu, takut percuma kuliah juga.”
Ibu-ibu: “masa ngga pinter dapet beasiswa? Sayang neng, taun depan coba ya!”
Gue: “Aduh ibu rempong deh, udah ya bu! Gue cabut dulu, bokap udah nungguin masakannya”.
Dalem hati sih. Hahah kurang ajar banget kalo gue beneran bilang gitu. Tapi tau dari mana para ibu-ibu gaul ini, sampe-sampe (dipercakan-percakapan yang lain) tau niat gue pengin kuliah dimana jurusan apa padahal gue cerita paling ke lima orang freak of Panacea: KKA. Komunitas semprul itu mana mungkin jadi member gosiper community  disini. Yaudinlah, yang jelas ibu-ibu disini tau gue sedetail mungkin. Serasa jadi seleb kampung. Halaah bodo amat namanya juga ibu-ibu gaul. Positif aja, berarti mereka peduli sama gue. Lap yeh

Beberapa bulan kemudian setelah gue putuskan ke Jakarta terus gue pulang, nyari kerja di Banjar, nemu kerja terus berhenti lagi demi mewujudkan impian yang tertunda. Horee asyik yeee *ala dolphino* dengan niat baja walaupun sebenernya mental gue masih tempe gue berusaha menunaikan keinginan semula buat nerusin ke bangku kuliah. Pertengahan Mei kemaren pas banget dihari resmi pengunduran diri ditempat kerja gue di Banjar. Sepulangnya gue dari kantor pos ngirim laporan stock opname dengan cepat tanggap gue cari warnet terdekat untuk dihinggapi. Pas hari pertama pendaftaran SBMPTN 2013: 13 Mei 2013.

Sebelum daftar gue mau liat KAP sama PIN dulu yang ada di laman bidikmisi gue coba login tapi Masya Allah loadingnya tingkat bidadari sarap: lama beneerr. Sudah ku duga. Gue tunggu dengan istiqamah dan penuh harapan. Seiring waktu bergulir, billing ngga mau kompromi tetep jalan seenak jidat ngga mau berenti biarpun situs yang gue buka tersendat. Etdah

Hal yang gue tunggu datang juga, situs yang gue tunggu loadingnya sampe gue dilalerin, lumutan dan nyaris jadi fosil akhirnya terbuka. Tadaa, alhasil PIN sama KAP belum gue dapetin karena gue baru inget: belum upload SKTM-belum menscan-belum bikin. #JLEB. Uang terbuang percuma, buat bayar laodingan #JLEBPLUSPLUS

Besoknya dengan berjalan kaki dan dengan segenap keyakinan jiwa raga pagi-pagi sekali gue mengunjungi RT RW buat minta surat pengantaran sebelum ke kantor kelurahan. Surat pengantar selesai-OTW kantor-nyampe-minta bikinin surat-nunggu-jadi-jalan keluar kantor-baca surat dengan teliti, karena takutnya ada typo-JLEB kaki gue terperosok ke got-terjuntai, untung ngga ada yang liat. Untung plus plus ngga lagi musim hujan, kebayang jadinya kalo got yang kaki gue singgahi tadi penuh dengan limbah pencemaran. Pasti bakal jadi sorotan masyarakat setempat karena seselesainya SKTM gue mau berkeliling kota nyari warnet yang ada scannernya terus langsung daftar dan hidup tenang.

Patkai dan kakak-kakak sakti menempuh perjalanan mencari kitab suci. Sama gue juga, perjalanan mencari warnet yang punya scanner  hampir setiap warnet yang ada di bibir jalan gue datangin, gue tanyain dan gue sesalin kenapa ngga pada punya scanner?  Ironis. Sepanjangan jalan (kenangan) gue telusuri sampe akhirnya gue nemuin warnet berscanner di deket mantan SMA gue. #JLEBANGBAYI jauh sinting, gapapa yang penting nemu dan gue bisa daftar dengan selamat.

Pernah ngga sih temen-temen pengin ngilangin satu atau dua hari dalam hidup? Atau beberapa jam dihari yang temen-temen ngga pengin dilewatin? Gue gimana? Gue pernah. Pernah banget, gue pengin ngilangin jam-jam pelajaran yang ada PR nya, ngilangin enam hari penuh selama ulangan umum dan ngilangin tanggal 18-19 Juni dalam kalender 2013, dua hari dimana usaha do’a dan keyakinan “pasti bisa” gue selama setahun kebelakang ditentuin sama tiga lembar kertas jawaban, tiga jam pengerjaan, delapan mata ujian. Sejak H-30 ujian perasaan gue dag dig jleb ser ngga karuan, tapi H-29,5 ujian Alhamdulillah gue udah biasa lagi. Tiba di hari H, hari pertama ujian gue salah masuk ruangan.

Kalo sebelum tes, sebulan tuh rasanya sakolebat banget lebih cepet dari persebaran gosip di persekutuan ibu-ibu up to date. Giliran seudah tes, ampyun sehari aja bete gile. Pengin gue ilangin hari-hari yang memisahkan antara tanggal 19 Juni dan 12 Juli.

Tes udah, hasil udah, ternyata pengumuman hasilnya dipercepat empat hari dari perkiraan. Gue dinyatain ngga lolos tes taun ini. Ya Allah, penyesalan demi penyelasan mulai bermunculan dan bergumam dalam hati. Walaupun ini sangat bertentangan dengan prinsip hidup gue buat terus ikhlas menerima kehendak Allah, tapi Astagfirullah belum pernah gue sesakit ini.  Gue malu sama diri gue sendiri, gue malu sama orang tua yang udah ngasih ijin dan ridhanya buat gue ikut tes. Nangis darah, push up tengah sawah, kayang dilampu merah (bohong deng) atau apapun yang orang tua suruh lakuin bakal gue lakuin selagi gue bisa, demi orang tua bilang “YA”. Gue ngga bisa jaga amanat orang tua, gue ngerasa gagal. Orang tua, keluarga temen-temen dan hampir semua orang yang gue kenal dukung gue dalam hal ini tapi naas dukungan mereka yang begitu berartinya gue sia-siakan begitu saja. Kenapa gue ngga belajar lebih sering? Kenapa gue ngga berdo’a lebih khusyuk? Kenapa gue ngga banyak berbakti sama orang tua? Kenapa gue ngga banyak beramal baik? Penyesalan sampe kapanpun ngga akan pernah datang diawal.

Belum pernah gue belajar seserius ini. Ini yang bikin SHINee penasaran dan merilis album dengan single “Why So Serious?” khusus buat gue. Hihi ngga lebih dari 30menit penyesalan gue yang meletup-letup tadi padam dengan sendirinya. Gue siram dengan keyakinan yang lebih yakin lagi kalo ini adalah yang terbaik, Allah Maha Mengetahui apa yang manusia tidak ketahui. Oke sip. Kalimat sederhana penumbuh semangat. Latihan, keringat, waktu semuanya ngga ada yang sia-sia. Lebih dari 12tahun sekolah gue baru ngerasain: belajar itu ternyata gini. Gue salut sama orang yang tekun yang rela menghabiskan banyak waktu buat ngelakuin hal ini. Usaha yang gue anggap belajar keras belum bisa disebut belajar atau bahkan yang selama ini gue sebut usaha malah belum bisa dibilang sebagai usaha. Hidup memang keras. Belajar siang malam demi satu tujuan: supaya lulus tes dan nyokap pulang. Empat pelajaran yang masing-masing dipelajari dalam kurun waktu tiga tahun harus gue pahami dalam waktu kurang dari lima minggu (belum dipotong waktu beresin rumah, bantuin bokap dan ketiduran sehari-hari) udah gitu ngga sesuai sama jurusan yang gue ambil waktu SMA. Diwaktu senggang, disela-sela kerjaan rumah buku selalu ada dalam genggaman. Biarpun sampulnya aja udah11 12 sama obat tidur. Hmm

Ngga ada yang sia-sia, ngga ada penyesalan. Insya Allah, karena kita udah berusaha sebaik-baiknya. Pelajaran buat diri gue sendiri bahwa apapun yang dilakukan harus berdasarkan niat ikhlas karena Allah bukan karena hal apapun yang bersifat duniawi. Hasilnya nanti adalah jalan baru untuk mendapat ridha Allah selanjutnya. Sekarang gue belom lolos ya udah ikhlasin aja, tapi ikhtiar jangan putus gitu aja dong, kita harus tetap perjuangkan mimpi kita walaupun usahanya hanya tinggal berdo’a. Memang ini jalan baru gue buat mendapat ridha Allah, pasti ini jalan yang terbaik. Yakinlah, rencana Allah jauh lebih indah :)

Ridho
 Datanglah… kedatanganmu ku tunggu, tlah lama…
STOP STOP! Bukan maksud gue bakal ngereview lagu tadi. Jangan mentang-mentang sub-title gue kali ini sama kaya penyanyinya ya! Udahlah, langsung aja kita kupas semuanya secara kasar sekasar sikat.

 Apa yang harus aku lakukan *jreng jreng
Lagu tadi, penggalan lagunya Seventeen. Lirik awal, lirik pembuka yang sesuai sama soal hidup yang jawabannya lebih sulit dari soal tes kemarin. Biarpun jawabannya ada dalam diri gue sendiri. Begonya cerobohnya sombongnya gue terlalu yakin bahwa gue bakalan lulus bikin gue ngga mikirin hal terburuk yang bisa aja terjadi. Gue ngga persiapin daftar ke perguruan tinggi lain baik itu negeri atau swasta, gue ngga cari info tentang seleksi mandiri dan yang lainnya, gue cenderung mengabaikan itu dengan rasa yakin gue yang over bahwa gue pasti lulus. Niat kuliah ada banget, maunya kemana aja asal bisa terlaksana tahun ini. PTN, udah pasti jadi pilihan utama, cita-cita gue banget bisa kuliah di PTN karena sesuai yang gue bilang bahwa PTN ngasih keringan lewat Bidikmisi biarpun PTS tertentu juga ada Bidikmisinya cuma gue takut aja kata yang udah-udah kalo biaya di swasta ngga lebih ringan dari negeri, bidikmisi ngga sepenuhnya juga kan dijadiin sumber bayaran namanya juga bantuan otomatis sifatnya membantu bukan menanggung sepenuhnya.

Point teratas yang jadi pertimbangan dari dulu sampe sekarang emang ngga berubah di keluarga gue. Menyekolahkan anak sama aja dengan mengikatkan diri pada biaya selama belasan tahun dan itu bukan perkara mudah bagi kami kaum ekonomi lemah. Apapun yang bisa gue lakuin bakal gue lakuin semampu gue, bakal gue usahain sebaik mungkin demi bisa kuliah ditaun ini, tapi ya sudahlah ngga ada yang perlu disesali karena ini kehendak Allah. Manusia hanya bisa berencana, sedangkan hasilnya Allah yang menentukan. Kalau kita udah ngejalanin rencana dari A sampe Z tapi belum ada yang berhasil, saatnya kita bikin plan baru, kita coba rencana AA AB AC dan seterusnya. USAHA jangan pernah putus dan hanya kepada Allah lah kita berharap. Bertindak positif, baik itu tindakan nyata atau hanya pemikiran belaka (ceilah) jangan pernah ketinggalan, karena setiap kejadian apapun itu PASTI ada hikmahnya. Hehehehe

 Dan lagi *jreng jreng terjadi *jreng jreng.
Entah kenapa rasanya kehidupan gue sekarang kaya charts lagu di Dahsyat, penuh dengan lagu-lagu yang bisa ngewakilin perasaan gue dengan jawara lagu yang silih berganti tiap minggu. Ridho Allah ada pada ridho orang tua dan lagi gue mendapat hambatan disini. Setelah gue menelan pil pahit lantaran ngga lulus tes kemaren (pil yang rasanya lebih pahit dari 1kg kopi item tanpa gula dicampur ramuan bratawali yang diolahnya kelamaan terus gosong terus dimakannya sekali telen dan ngga minum setaun. Asli, pait dan nyesek banget) gue masih tetep pengin menuju kota yang PTNnya gue tuju kemaren. Hehe biarpun terkesan maksa dan kurang dapet dukungan orang tua, tapi siapa tau peruntungan gue ada disitu sekalipun bukan buat nyari ilmu melainkan buat nyari duit, mana tau kan? Toh kita belum coba. Selagi disamping niat kita selalu diiringi usaha dan do’a ngga mungkin ngga berhasil. Bismillah

Restu orang tua yang selama ini gue cari, gue ngga mau ngebangkang lagi. Cukup problema SBMPTN kemaren yang gue rasain, mungkin sebagai hadiah “karma” buat anak yang ngga nurut sama orang tuanya. Ini penting banget guys, jangan sekali-kali ya temen-temen mengabaikan ini. Setengah hati aja orang tua ngasih izin, zonk lah hasilnya. Naudzubillahimindzalik

Hmm point positifnya yaa tinggkatkan terus ibadah, usaha dan doa jangan berenti. Gue tau ini susah banget, bukan maksud gue ngajarin atau gue ngerasa paling bener disini. Cuma kita sama-sama aja, sesama manusia wajib mengingatkan. Allah itu Maha Baik, Maha punya kejutan, Maha indah rencanaNya. Kalau kita minta, Allah pasti kasih. Tinggal kitanya aja bersungguh-sungguh, kalo misalnya Allah belum ngasih bukan berarti Allah ngga sayang sama kita, jangan sekali-kali kita berprangsangka buruk terhadap Allah ya guys! Justru itu malah tanda Allah sayang dan cinta banget sama kita sebagai umatnya. Allah ngga mau kita lupa padaNya dan  itu cara Allah supaya kita minta terus, berdoa terus agar kita senantiasa ingat padaNya. Dan hasilnya nanti pasti jauh lebih sempurna dari hal paling sempurna yang pernah kita rencanakan :)

Dimana langit biru? 
Dimana.. dimana.. dimana..
Gue jadi rentan galau gara-gara ngga kesampean nonton Dahsyat secara live sambil meragain dance paling eksotis “cuci cuci jemur jemur setrika setrika nyiram taneman nyiram taneman” dance yang dilakuin anak gahol yang bikin zaman makin WOW. (ala kakek-kakek bintang iklan eskrim. Inisial eskrimnya Walls Dung-Dung)  Gue kepikiran pengin jadi asistennya Ayu Ting-Ting buat ikutan nyari alamat palsu, biarpun udah ngga musim karena Ayu Ting-Ting lagi sik asik sama kulitnya yang busik. Hehehe ngga deng, becanda. Itu semua omong kosong, saking galaunya gue sampe ngawur bikin postingan.

Yuhuu, langit biruuu dimana kamu nak? Langit yang bersih tanpa awan, langit teratas yang dari situ kita bisa liat apapun yang ngga lebih tinggi dari kita. Setiap manusia, udah ditakdirkan langitnya masing-masing. Semua udah ada bagian-bagiannya. Balik lagi, nasib yang menentukan kita dapet langit yang kaya gimana, yang biru bersih indah melalangbuana atau langit yang tertutup awan commulunimbus yang nampakin gejala badai tapi ngga badai-badai? Atau malah untuk berjalan menuju langit itu pun kita ngga sanggup, lebih parahnya lagi ngga ada niat sedikitpun untuk itu. Mitamit tujuh turunan delapan tanjakan sembilan perempatan.

Banyak orang yang udah dapetin langitnya, hampir setiap orang dewasa (mungkin) udah ada dilangit yang  mereka perjuangin sewaktu muda dulu. Anak muda juga ada. Tapi guys, sebagaimana yang selalu kita inget kalo diatas langit masih ada langit. Ngga ada di dunia ini orang paling sukses, paling kaya, paling bisa punya segalanya. Alat ukur dunia kebanyak cuma lewat materi. Gue juga dulu gitu, punya anggapan kalo orang paling bahagia adalah orang kaya. Tapi kenyataannya ngga gitu juga, kaya miskin, bahagia sengsara, harta keturunan semuanya titipan dan sebagai ujian dari Allah agar kita bersyukur. Diatas yang baik masih ada yang lebih baik dan Allah yang paling baik dari yang pernah ada sampe kapanpun.

Berkaca dari pengalaman gue, sekilas yang pernah gue rasain dan gue jalanin. Biarpun ngga penting, ngga mutu dan ngga ada ilmunya, bukan maksud gue jadi guru bagi temen-temen semua para pembaca setiaku (ciee biarpun ngga ada yang baca, biar keliatan banyak visitornya gitu). Gue bukan siapa-siapa, bahkan gue nantinya ngga tau bakal jadi apa. Besar harapan ada ilmu yang tersirat karena pada dasarnya ngga ada ilmu yang mubazir. Oh iya jadi inget waktu gue di Jakarta dulu, ada yang nanya ke gue ngga tau nyindir atau ngehina bukan maksud gue negatif sih, abisnya kaya memperolok-olokan banget. Ngejek kalo gue tamatan SMA ujung-ujungnya dapet kerja yang sebenernya tanpa sekolahpun bisa ngerjain kaya gitu. “ ilmu ngga ada yang mubazir, Rezeki siapa yang bisa prediksi” singkat aja gue jawab, karena gue males berlama-lama ada dalam pembicaraan yang bikin hawa nafsu meningkat. Karena mereka pikir untuk jadi seorang tukang cuci piring, pemotong sayur dan beres-beres ngga perlu sekolah tinggi-tinggi karena ilmunya nggakan kepake. Oh My God  ilmu bukan cuma pelajaran sekolah doang kali, maksudnya seengganya gue bisa sedikit bantu orang lain dengan ilmu yang gue punya yang gue dapetin selama sekolah. Punya ilmu itu ngga rugi, sekecil apapun itu pasti ada manfaatnya. Beruntung orang yang punya banyak ilmu apalagi bisa mengamalkannya dalam hal yang baik, pasti derajatnya lebih tinggi dimata Allah. Point positif dari pengalaman gue kerja di Jakarta kemaren: kebal akan hinaan, ejekan dan cacimaki. Hahaha

Setiap manusia yang hidup punya tujuan dan cita-cita yang beragam. Jalan yang mereka tempuh pun ngga sama, ada juga yang ngga sesuai cita-cita. Tapi ya frens gue pribadi sih ya. Ngga punya tuh cita-cita, gue punyanya satu tujuan hidup. Kasih tau ngga ya? Hahhaaha ngga ah, takutnya riya. Kalo cita-cita gue ganti-ganti mulu. Rencana gue jarang kalo cuma satu (kecuali rencana kuliah kemaren yang sekarang gue ganti jadi rencana kerja) ngga masalah asal tetap ikhtiar. Hehe karena bagi gue cita-cita adalah jalan untuk meraih tujuan hidup. Jalan menuju Rhoma aja banyak, sama dong menuju tujuan kita juga. Disaat satu pintu tertutup, masih banyak pintu-pintu lain yang terbuka untuk kita yang mau berusaha.
Jika kita berupaya sekuat tenaga untuk menemukan sesuatu dan pada titik akhir itu hasilnya masih nihil, maka sebenarnya kita telah menemukan apa yang kita cari dalam diri kita sendiri, yakni kenyataan, kenyataan yang harus dihadapi, sepahit apapun keadaannya
Cr: Andrea Hirata

So, dimana langit biru? Perjalanan panjang dalam menggapainya dengan penuh harapan, usaha, keringat, pengorbanan, peluh dan doa menyertai perjuangan kita supaya dapat berada di tempat itu. Waktu yang tak sedikit untuk dapat sedikit demi sedikit menghalau awan dan semua yang mengahalangi langit agar terlihat biru. Langit biaru, langit yang kekal, langit yang cerah selama-lamanya bagi gue ini adalah perumpamaan tempat yang akan didapatkan di surga nanti kawan. Insya Allah, apapun yang kita lakukan didunia ini akan bayar oleh Allah. Jangan menyerah sobat, disaat kenyataan tidak sesuai dengan keinginan Allah selalu bersama orang-orang yang bersamaNya. Jangan pernah berhenti berharap karena kesempatan akan selalu ada dalam harapan. Teruslah bercita-cita meraih tujuan hidup, berencanalah karena Allah pun punya rencana. Dan rencanaNya lebih indah yang kita duga.
            Selamat meraih mimpi teman
            Selamat menuju langit biru
            Selamat Idul Fitri 1434 H mohon maaf lahir dan bathin. Hehehe telat

Soal kuliah, insya Allah gue bakal coba lagi tahun depan. Mudah-mudahan di tahun ini orang tua ngasih izin gue buat back to anak rantau. Hehehe INGAT!
 Inna ma’al ‘usri yusra
Wa ila Rabbika fargab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar