Minggu, 09 Januari 2011

Blogger Wajib Punya SIM

ANNOUNCEMENT 
KINI BLOGGER WAJIB PUNYA SIM!!


Riyadh – Kini, kebebasan bersuara di Arab Saudi makin sempit. Pasalnya, pemerintah membuat aturan baru yang memaksa semua media online dan blogger mendaftar ke pemerintah.
Aturan baru tersebut memaksa media online dan blogger mendaftar ke Kementrian Kebudayaan dan Informasi. Berdasarkan aturan baru, semua penulis online (forum dan SMS) butuh lisensi yang akan berlaku selama tiga tahun.
Pemerintah Saudi mengatakan hal ini dilakukan guna melindungi masyarakat dan merupakan bagian dari program sensor konten. Terlebih, Arab Saudi merupakan salah satu negara dengan jumlah blogger tertinggi di dunia.
Mereka yang ingin membuat ‘SIM’ ini setidaknya berusia 20 tahun dan telah lulus dari sekolah tinggi. Seperti dikutip TG Daily, selain itu mereka butuh ‘surat keterangan perilaku baik’.
Sementara itu, editor media online harus disetujui pihak berwenang. Siapapun yang tertangkap nge-blog tanpa ‘SIM’ akan dikenakan denda 100.000 riyal (Rp 245 juta), bahkan bisa dilarang nge-blog untuk selamanya.
“Siapapun yang ingin menulis, mempublikasikan dan mengkritik orang lain harus melakukannya dengan kredibilitas dan sikap tegas. Mereka tak boleh sembunyi di balik layar komputer dan mencemarkan nama seseorang atau menyebar rumor jelek,” kata juru bicara pemerintah.

waduh, sadis bgt. kalo gitu gw ga bisa login blog gw donk, sampe gw punya SIM.
semoga aja di Indonesia jangan dulu deh, peraturan itu diberlakukan. ntar aja kalo gw udah berusia 20 taun. heheh pan bisa dapet SIM tuh katanya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar